Jumat, 11 Maret 2016

✿ Bendungan Sutami atau Waduk Karangkates, Kabupaten Malang.



























































[Bendungan Waduk di Indonesia]

A. Selayang Pandang.
Bendungan Sutami atau Karangkates merupakan bendungan nasional kedua yang dibangun oleh Departemen Pekerjaan Umum setelah Bendungan Jatiluhur di Purwakarta, Jawa Barat. Bendungan yang diresmikan Presiden Soeharto pada tahun 1977 itu terletak di Desa Karangkates, Kecamatan Sumber Pucung, Kabupaten Malang. Bendungan terbesar di propinsi Jawa Timur selain didesain mampu mengendalikan banjir juga dirancang sebagai sumber debet air bagi irigasi daerah hilir.

Bendungan Karangkates terletak kira kira 40 km dari kota Malang. Pemandangan dari lokasi di bendungan ini ini cukup asri untuk dilihat karena letaknya dikelilingi pegunungan serta sekitar bendungan masih banyak pepohonan yang rindang. Bendungan Karangkates atau biasa disebut Bendungan Sutami, air dari bendungan ini berasal dari sungai Brantas dan telah dibangun sejak tahun 1975-1977 dan digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air.

B. Fasilitas yang tersedia.
Selain digunakan sebagai PLTA, bendungan ini telah menjadi salah satu obyek pariwisata di Malang dan telah dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti wahana olah raga, tempat pemancingan ikan, lapangan tenis hingga lapangan golf. Wisata Karangkates mempunyai dua lokasi taman wisata, yaitu taman wisata Karangkates yang terletak di sebelah utara bendungan Sutami dan taman wisata Bendungan Lahor yang terletak di sebelah selatan Bendungan Lahor.

Ada arena bermain anak-anak, ayunan, prosotan, kapal-kapalan. Ada beberapa satwa juga, rusa, monyet, beraneka burung dan angsa. Ada juga persewaan becak dan sepeda tandem. Ongkos sewanya 15 ribu/15 menit. Bagi yang ingin keliling bendungan, bisa naik perahu. Ongkosnya 5 ribu/orang.

C. Penginapan Bagi Yang Ingin Bermalam.
Wisma Utama(sebuah fasilitas penginapan mempunyai view bagus juga wisma yang penuh kenangan sejarah, pernah sebagai tempat bersantai & istirahat Presiden kedua Republik Indonesia sewaktu meresmikan Bendungan Sutami, bersuasana nyaman dan klasik), Wisma Transito, Mahaghony Country Room, Restaurant kas Karangkates, Gedung Pertemuan, Kolam Renang dengan Mini Water Boom, Playground Kids, Kawasan Wisata yang Asri, Aneka Satwa dan Camping Ground Area.

D. Aneka Kuliner Juga Tersedia Disini.

Kalau lapar, ada resto juga di kawasan ini, Wisma Transito, Mahaghony Country Room, Restaurant kas Karangkates. Tapi bagi yang nggak masuk ke restoran, bila membawa bekal sendiri bisa menggelar tikar sambil menikmati makan yang dibawa bisa melihat keindahan pemandangan yang terhampar di depan mata.


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.

“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)



 
;