Kamis, 10 Maret 2016

✿ Bendungan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.










































[Bendungan Waduk di Indoneisa]
Bendungan Waduk Jatiluhur, Purwakarta, Jawa Barat.

A. Selayang Pandang.
Panorama bendungan yang memiliki 8.300 hektar ini juga sangat mempesona. Apalagi kita juga dapat melihat stasiun satelit bumi milik indosat. Tentunya tidak hanya berbagai fasilitas yang menarik para pengunjung, Namun suasana di Waduk Jatiluhur sendiri terlihat sangat permai dengan perbukitannya, udara sejuk, pepohonan rindang, serta keadaan yang membuat pikiran jadi rileks.

Waduk Ir. H. Juanda / Jatiluhur dibangun pada tahun 1957 dan baru bisa di selesaikan 10 tahun, di bangun oleh kontraktor yang berassal dari Perancis dengan potensi air sebesar 12,9 miliar meter kubik per tahun. Waduk ini sebagai waduk yang serbaguna yang pertama kali di bangun di Indonesia.

Setelah di lakukan penataan dan pengelolaan secara profesional kawasan wisata ini di waduk jatiluhur di namakan ‘GRAMA TIRTA JATILUHUR’. Nama tersebut di ambil dari bahasa sansekerta yang mempunyai arti kampung air. Selain berfungsi sebagai bendungan dan juga sarana PLTA waduk ini juga sebagai irigasi sawah sawah masyarakat sekitar.

B. Fasilitas.
Selain itu banyak fasilitas yang bisa di nikmati di waduk Jatilubur ini seperti kolam renang yang di bagi menjadi 4 yang terdiri dari kolam renang olimpic, kolam dangkal, kolam anak anak, dan kolam untuk dewasa, penginapan, bungalow, water boom, ware slide, ruang pertemuan, playground. Dengan fasilitas yang memadai waduk ini memang pantas di juluki sebagai waduk serbaguna. Di sekitar waduk Jatiluhur tak usah kawatir beberapa penginapan mulai dari bungalow, hotel, dengan kelas standar, deluxe, super deluxe hingga suite room semua ada di sini. Nah, tinggal di sesuaikan saja dengan keadaan keuangan  anda. Buat kalian yang rencana mau menikah di sini juga cocok untuk foto prewedding. Mau memanjakan mata mari datang kesini ajak saudara atau teman biar tambah seru.

C Keistimewaan.
Wisata alam waduk jatiluhur juga memiliki fenomena sunset yang sangat indah. berlatar belakang waduk jatiluhur dan pegunungan dengan kondisi air waduk yang tenang, menjadikan sunset di waduk jatiluhur ini sangat indah.

D. Lokasi.
Secara administratif wisata alam Jawa Barat waduk Jatiluhur berada di  Kecamatan Jatiluhur, Kabupaten Purwakarta, Provinsi Jawa Barat.  Jarak dari kota Bandung menuju waduk Jatiluhur Purwakarta sekitar 81 kilometer dengan waktu tempuh 2 jam dengan kendaraan pribadi.

E. Wisata Yang Tersedia.
Tempat bermain anak, bar, lapangan tenis, area perkemahan, sarana rekreasi, sarana olahraga air, seperti ski air, naik kapal atau perahu,selancar air, mendayung, dan kapal pesiar. Waduk Jatiluhur ini juga terdapat tempat budidaya ikan keramba jaring apung. Kalian yang hobi memancing dapat berburu ikan saat siang ataupun malam hari. Bila malam tiba suasana semakin seru sambil menikmati ikan pancingan sendiri.

F. Kuliner.
Yang nggak dapat ikan saat memancing jangan kuatir di sana juga ada warung makan, yang suka wisata kuliner juga ada restoran dan warung makan yang menjual berbagai makanan yang lezat. Karena di atas waduk Jatiluhur ini terdapat perkampungan atau lebih tepatnya kampung air yang menjajakan aneka makanan. Menikmati lezatnya ikan  bakar dan es degan atau es kelapa muda sambil menikmati pemandangan waduk yang membentang luas.


Ya Allah... semoga yang membaca artikel ini :
¤ Muliakanlah orangnya… Yang belum menemukan jodoh semoga lekas dipertemukan... Yang belum mendapatkan keturunan semoga cepat mendapatkannya… Semoga tergerak hatinya untuk bersedekah… Yang laki2 entengkanlah kakinya untuk melangkah ke masjid… Bahagiakanlah keluarganya… Luaskan rezekinya seluas lautan… Mudahkan segala urusannya… Kabulkan cita-citanya… Jauhkan dari segala Musibah, Penyakit, Prasangka Keji… Jauhkan dari segala Fitnah, Berkata Kasar dan Mungkar. Aamiin ya Rabbal'alamin.

“Bila kau tak tahan lelahnya belajar maka kau harus tahan menanggung perihnya kebodohan” (Imam Syafi’i)



 
;